Cara Paling Mudah Menghitung Zakat Dengan Kalkulator Zakat Online

Cara Paling Mudah Menghitung Zakat Dengan Kalkulator Zakat Online


Cara Paling Mudah Menghitung Zakat Dengan Kalkulator Zakat Online. Zakat adalah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh seseorang yang beragama Islam dan diberikan kepada orang yang berhak menerima zakat yang telah ditentukan oleh syariat Islam. Seperti orang Fakir miskin, Amil zakat, Muallaf, Mukatab, Gharim, Sabilillah, Ibnu Sabil. Selengkapnya bisa anda simak golongan yang berhak menerima zakat.

Sebelum seseorang membayar zakat tentunya dihitung terlebih dahulu tentang kadar nishab dan kadar yang wajib dikeluarkan. Maka untuk lebih mudah dan gampang dalam menghitung zakat, kita bisa memanfaatkan website Kementerian Agama (kemenag) khusus untuk menghitung zakat secara online.

Dalam aplikasi online penghitung zakat ini memiliki beberapa pilihan harta apa saja yang akan dihitung. Seperti zakat fitrah, zakat mal, zakat emas dan perak, zakat uang dan surat berharga lainnya, zakat perniagaan, zakat pertanian, perkebunan, dan kehutanan, zakat peternakan, zakat pendapatan dan jasa, zakat rikaz (harta temuan).

Perhitungan Zakat ini didasarkan pada Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 52 tahun 2014 tentang "Syarat dan tata cara perhitungan zakat mal dan zakat fitrah serta pendayagunaan zakat untuk usaha produktif".

Nisab adalah batasan minimal harta yang wajib dikenakan zakat. Sedangkan Haul adalah batasan waktu satu tahun hijriyah atau 12 (dua belas) bulan qomariyah kepemilikan harta yang wajib dikeluarkan zakat.

Penasaran seperti apa website kalkulator zakat online ini? Silahkan kunjungi link web berikut ini: Kalkulator zakat online

Demikian dari kami, semoga bermanfaat...

Bagikan ke:

You Might Also Like: