Hukum Memberi Identitas Pada Kuburan di Pemakaman Umum

Hukum Memberi Identitas Pada Kuburan di Pemakaman Umum


Setiap tempat tentu terdapat kuburan / makam umum yang diperuntukkan untuk warga sekitar secara umum. Sudah menjadi kebiasaan warga memberikan kejing / semen untuk membangun makam keluarganya di pemakaman umum sehingga akan sangat mengganggu dan mempersempit lahan pemakaman. Padahal memberi semen / membangun kuburan di pemakaman umum tidak boleh, seperti keterangan dalam kita Fafinatun Naja.

Pertanyaan :
Jika memberi semen pada makam umum tidak boleh, bagaimana untuk pemberian nama identitas kuburan tersebut?

Jawaban :
Sunnahnya, kuburan dikasih tanda bisa berupa batu, kayu atau selain keduanya agar bisa dikenali jadi bisa diziarahi. Tanda tersebut diletakkan di bagian kepala jadi cuma satu tanda, tapi menurut pemilik kitab al Hawi anjurannya dikasih dua tanda yaitu di bagian kepala dan di bagian kaki. Adapun dikasih tulisan nama si mayyit ataupun selainnya maka hukumnya makruh menurut syafi'iyah tanpa adanya khilaf, sedangkan menurut imam Hanafi tidak makruh.

Hukum makruh mengijing kuburan itu kalau tidak ada nya hajad dan di tanah milik sendiri, kalau ada hajat seperti takut cepet ambruk karena kelembaban tanah maka tidak makruh dengan catatan harus tanah milik sendiri (bukan pemakaman umun). Keharaman atau kemakruhan tersebut bukan murni karena penyempitan, tetapi karena ada dalil hadis yang melarang nya, yakni :

Dalam kitab Nihayatuz Zain dijelaskan bahwa menyemen (menembok/membangun) kuburan dan menulis Nama fulan bin fulan di atas kuburan ( batu nisan ) hukumnya sama-sama makruh, namun Menulis Nama fulan bin fulan adakala hukumnya Tidak makruh BILA tujuannya untuk memberi tahu ( mempermudah ) kepada para peziarah bahwa yang dikubur di kuburan tersebut si fulan bin fulan tapi dengan syarat sesimpel mungkin ( jangan berlebihan ), cukup tulisan " Nama Fulan Bin Fulan " saja. Wallohu a'lam.

Referensi:
- Kitab al Majmu' (5/266)
- Nihayatuz Zain 155
- Safinatun Naja

Bagikan ke:

You Might Also Like: